Peluncuran program Upsus Siwab di Kecamatan Bukit Batu

Bukit Batu - Umum : Direktur Jendral Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementrian Pertanian Republik Indonesia yang diwakili oleh Sekretaris Direktorat Jendral Bapak Dr. Ir. Riwantoro, MM  meluncurkan program Upaya Khusus Percepatan Populasi Sapi dan Kerbau Bunting (Upsus Siwab) di Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis, Minggu (18/12/2016).

Menurut Riwantoro, program Upsus Siwab merupakan langkah nyata pemerintah untuk mengakselerasi percepatan target pemenuhan populasi sapi potong dalam negeri. 

Upsus SIWAB mencakup dua program utama yaitu peningkatan populasi melalui Inseminasi Buatan (IB) dan Intensifikasi Kawin Alam (Inka).

Program tersebut dituangkan dalam peraturan Menteri Pertanian Nomor 48/Permentan/PK.210/10/2016 tentang Upaya Khusus Percepatan Peningkatan Populasi Sapi dan Kerbau Bunting yang ditandatangani Menteri Pertanian pada tanggal 3 Oktober 2016.

"Upaya ini dilakukan sebagai wujud komitmen pemerintah dalam mengejar swasembada sapi yang ditargetkan Presiden Joko Widodo tercapai pada 2026   mendatang serta mewujudkan Indonesia yang mandiri dalam pemenuhan pangan asal hewan, dan sekaligus meningkatkan kesejahteraan peternak rakyat," kata Riwantoro dalam sambutannya. 

Riwantoro menjelaskan, Upsus Siwab akan memaksimalkan potensi sapi indukan di dalam negeri untuk dapat terus menghasilkan pedet. Program ini pun menjadi fokus Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan pada   2017 mendatang.

"Yang terpenting sekarang adalah  bagaimana meningkatkan produksi dengan inseminasi buatan. Tahun lalu saja, dari program IB itu sudah ada penambahan 1,4 juta ekor anakan dari 2 juta yang di-IB. Tahun ini kami susun targetnya 4 juta IB, mudah-mudahan bisa ada 3 juta kelahiran baru",jelasnya.

Peluncuran Upsus Siwab di Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis tidak hanya dihadiri Riwantoro tapi juga oleh Kadistanak Provinsi Riau Bapak Drh. Askardiya R Patrianov, MP, Bupati Bengkalis, Anggota DPRD Kab. Bengkalis, Kepala Dinas se-Kabupaten bengkalis, Dandim 0303 Bengkalis, Kapolres Bengkalis, Camat Bukit Batu, Camat Siak Kecil, Ka. UPT/UPTD se-Kec. Bukit Batu, Lurah/Kades se-Kec. Bukit Batu, Petugas Inseminator, Kelompok Peternak se-Kec. Bukit Batu, dan undangan lainnya.

Bupati Bengkalis, selaku tuan rumah menyampaikan apresiasinya dan antusiasmenya atas terselenggaranya kegiatan ini. Peluncuran Upsus Siwab juga dirangkaikan penyerahan bantuan sapi dan bibit tanaman kepada klmpok tani se-Kabupaten Bengkalis 

Tulis Komentar