Festival Rebana Berlangsung Semarak

Bukit Batu-Umum : Grup Rebana Hidayatul U'lum binaan Ketua TP-PKK Kecamatan Bukit Batu Ibu Siti Mutiara Pertiwi, BaFR menggelar Festival Rebana pada 23-24 Januari 2017. Festival yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna Bujang Kelana Kec. Bukit Batu tersebut berlangsung semarak. Sebanyak 10 grup rebana mengikuti festival tersebut.

Dalam sambutannya, Ketua TP PKK Kec. Bukit Batu mengatakan "pemanfaatan seni sebagai wahana dakwah sudah merupakan hal yang lazim dan dilestarikan dari generasi ke generasi, Sehingga  pada hasilnya  Islam  berhasil menerobos  batas-batas geografis dan lapisan-lapisan kultural di wilayah Asia Tenggara dengan penuh kedamaian.

Selain itu, dengan adanya kegiatan ini seni budaya Islam memiliki arti strategis sebagai bagian dari pembinaan umat Islam. Upaya menggerakan partisipasi umat dalam membangun daerah haruslah melibatkan secara utuh unsur-unsur ajaran agama dan  budaya termasuk seni.

Berpijak   dari   kenyataan   ini,  maka   seni   budaya   yang  bernafaskan   Islam   dipandang   tepatsebagai  sarana  untuk  membendung kemerosotan  akhlak  umat. Lomba Rebana yang dilaksanakan ini merupakan satu wahana penting dalam menumbuh kembangkan kecintaan terhadap budaya Islam khususnya kepada generasi muda. Untuk  itulah,  event seperti lomba Kasidah ini harus terus dikembangkan agar kita tidak kehilangan identitas sosial dan budaya sebagai masyarakat yang religius.

Saya berharap,  kegiatan seperti ini akan dapat menjadi ruang bagi para penggiat seni untuk terus  mengembangkan kreatifitasdan berbagai  jenis  seni  budaya  yang bernafaskan  Islam  yang  sesuai dengan  perkembangan  jaman dengan tetap berpegang pada nilai-nilai ajaran Islam sekaligus sebagai wahana edukasi yang  memotivasi  para  remaja  sebagai generasi penerus bangsa dalam rangka   memacu   pembangunan  seni budaya daerah,  yang  sarat dengan  muatan  nilai  agama.

Acara festival rebana ini turut dihadir oleh Camat Bukit Batu Bapak Reza Noverindra, SSTP, M.Si, Sekcam Bukit Batu, Kapolsek Bukit Batu, Ketua LAMR Kec. Bukit Batu, Kasi Tata Pemerintahan Kantor Camat Bukit Batu, Lurah Sungai Pakning, Seklur Sungai Pakning, Pj. Kades Pakning Asal, Pj. Kades Batang Duku dan para undangan Lainnya.

Berita Lainnya

Tulis Komentar