Global Landscape Forum

KTH Dompas Ghedang Cemerlang Dalam Sesi ITPC

Teks foto: Global Landscape Forum

BUKIT BATU - Global Landscape Forum (GLF) adalah platform berbasis pengetahuan (knowledge-led) terbesar di dunia tentang penggunaan lahan berkelanjutan, yang didedikasikan untuk mencapai Sustainable Development Goals (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan) dan Perjanjian Iklim Paris.

GLF telah menghubungkan 4.900 organisasi dan 190.000 peserta pada acara/konferensi di Warsawa, Lima, London, Paris, Maroko, Jakarta, Bonn, Washington D.C., Nairobi, Katowice, Kyoto, New York, Accra dan Luksemburg - dan menjangkau 770 juta peserta dari 185 negara. GLF adalah gerakan yang mengutamakan masyarakat dalam mengatasi masalah tingkat lanskap; dipimpin oleh Pusat Penelitian Kehutanan Internasional atau yang lebih dikenal dengan Center for International Forestry Research (CIFOR), bekerja sama dengan para pendiri UNEP dan Bank Dunia serta para Charter Member.

Tema GLF tahun 2020 adalah “Makanan dan Mata Pencaharian.” Sistem pangan adalah salah satu sumber terbesar emisi gas rumah kaca, pendorong utama deforestasi dan ancaman terbesar bagi keanekaragaman hayati. Kita perlu mengubah cara kita memproduksi makanan dan, seperti yang ditunjukkan oleh pandemi COVID-19. International Tropical Peatland Center (ITPC) atau Pusat Penelitian Gambut Tropis Internasional mengkoordinir satu sesi berjudul “Why Peatlands Matter for Food Security?” atau mengapa gambut penting untuk ketahanan pangan. Dalam sesi ini Kelompok Tani Hutan (KTH) Dompas Ghedang Cemerlang berpartisipasi sebagai salah satu panelis pembicara, bersama dengan perwakilan dari Afrika. KTH Dompas Ghedang Cemerlang dibentuk dalam riset aksi partisipatif pencegahan kebakaran dan restorasi gambut berbasis masyarakat yang dilakukan oleh CIFOR dan Universitas Riau di Desa Dompas dan desa-desa satelit Kecamatan Bukit Batu. Riset aksi partisipatif ini didanai oleh Temasek Foundation dan dikelola oleh Singapore Cooperation Enterprise.

Disamping KTH Dompas, sesi yang dikoordinasikan oleh ITPC ini juga diisi oleh ilmuwan dari Universitas Riau, Universitas Leicester (Inggris), perwakilan dari Republik Kongo dan Republik Demokratik Kongo, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia, dan Wakil Menteri Pengembangan Strategis SDA dari Peru.#sekrebb


Angka Kejadian COVID-19 di Kabupaten Bengkalis
Update Terakhir: Kamis, 29 Oktober 2020 15:35:03 WIB
Tercatat di Dinas Kesehatan

3567

ODP PDP POSITIF

1

2707

859

Sumber : corona.bengkaliskab.go.id [Lihat Selengkapnya]

Tulis Komentar