Bidang Pertanian

Editor : Administrator

Lahan pertanian padi sawah di kecamatan Bukit Batu semakin hari semakin mengecil. Hal tersebut dikarenakan lahan pertanian itu tergerus abrasi pantai yang kian memprihatinkan.

Hal itu dikatakan Ketua Komisi IV Azmi Fatwa, Sabtu (30/1). Dikatakan Azmi, dengan kondisi yang makin hari makin dikeluhkan petani, dia meminta perhatian semua pihak khusus pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Masyarakat di kecamatan bukit batu, sebutnya, umumnya bermata pencarian sebagai seorang petani, terutama bercocok tanam padi yang sampai sekarang masih tetap bertahan untuk mengolah sawah mereka.

"Ada 3 permasalahan yang terjadi di bidang pertanian yakni untuk sekarang di lahan persawahan di desa sepahat sebagiannya sudah mulai di tanami sawit dan permasalahan ke 2 terkait dengan lokasi lahan atau sawah yang berada di pinggir laut sudah terkena ancaman abrasi, dalam 5 tahun saja tanah yang terkena abrasi sudah puluhan meter. Serta masalah lainnya yakni terkait dengan lahan pertanian atau sawah yang lebih dikenal dengan sawah tadah hujan,"jelasnya.

Disampaikan Azmi, dia dan koleganya di DPRD Bengkalis sudah mengusulkan dilahan pertanian tersebut dibuat proyek pengairan yang berasal dari sumur bor melalui SKPD  terkait tahun 2016. Namun sesalnya, apa yang diusulkan tidak masuk dalam anggaran APBD 2016 ini.

Karena memiliki hutan yang relatif luas, kecamatan Bukit Batu menyimpan kekayaan flora dan fauna. Berbagai jenis burung (Srindit, Tekukur, Pipit, Elang, dll), ular dan reptil (phyton, daun, air, lidi, dll), mamalia (kera, monyet, rusa, babi, dll), berbagai jenis ikan air tawar. Berbagai jenis tananam baik di hutan maupun diperkebunan menghiasi bumi Bukit Batu. Selain itu, hutan mangrove banyak terdapat di tepian pantai.

Bukit Batu kaya dengan sumber daya hutannya. Bukit Batu pernah menjadi obyek untuk eksplorasi minyak bumi. Eksplorasi minyak banyak dilakukan di daerah perbatasan dengan Kecamatan Mandau dan Merbau yang kaya minyak. Sedangkan perusahaan terbesar yang ada Bukit Batu adalah unit pengolahan minyak Pertamina. (Pertamina UP II Sungai Pakning).

Karena berada di posisi jalur katulistiwa dan dataran rendah, suhu rata-rata harian wilayah Bukit Batu cukup tinggi, berkisar 27°C – 34°C. Bukit Batu seperti daerah lain di Indonesia, hanya mengenal dua musim yakni kemarau dan penghujan.

Pertanian tanaman pangan meliputi sayur-mayur, buah-buahan (pisang, rambutan, nenas, mangga), padi, ubi kayu, jagung dll. Untuk lahan padi seluas 325 ha dengan produksi 1.137,50 ton per tahun.

Sebagian besar wilayah Bukit Batu dipenuhi perkebunan karet, sawit dan kelapa. Luas area tanaman perkebunan rakyat mencapai 3.711 ha ; kelapa sawit 614 ha; kelapa 1.016 ;dan sagu 60 ha. Produksi tanaman perkebunan rakyat diantaranya karet 2.076 ton; kelapa sawit 1.335 ton; dan kelapa 243 ton.

Website Resmi Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis
Jl. Jend. Sudirman Sungai Selari Kecamatan Bukit Batu
Telp. (0766) 391925 Kode Pos 28761
Email: camatbukitbatu@bengkaliskab.go.id