Pesona Air Terjun Kakek Bodo

Air Terjun Kakek Bodo adalah sebuah air terjun yang terletak di kawasan wisata Tretes, Kecamatan Prigen. Air terjun ini berada di ketinggian 850 mdpl dan memiliki terjunan air sekitar 40 meter yang termasuk dalam kawasan hutan lindung di RPH Prigen, BKPH Lawang Barat, KPH Pasuruan. Air Terjun Kakek Bodo ini dikelilingi oleh bebatuan dan pepohonan, nuansa hutan yang sejuk dan rindang sangat terasa nyaman ketika mengunjungi tempat wisata ini. 

Nama Air Terjun Kakek Bodo ini muncul karena kisah seorang kakek yang disebut dengan kakek yang bodoh (bodo). Masyarakat sekitar percaya bahwa sosok Kakek Bodo ini adalah pembantu rumah tangga di sebuah keluarga Belanda. Beliau dikenal sebagai orang yang saleh dan jujur. Kemudian beliau meninggalkan keluarga majikannya untuk mensucikan diri dari masalah keduniawian dengan cara bertapa. Atas sikapnya ini, keluarga Belanda yang ditinggalkannya menyebut beliau sebagai kakek yang bodoh (Kakek Bodo). Namun berkat bertapanya, sang kakek memiliki kelebihan berupa kesaktian. Kesaktian ini digunakan oleh beliau untuk membantu masyarakat setempat yang meminta pertolongan. Pada akhir hayatnya, sang kakek  meninggal di tempat beliau bertapa. Tempat tersebut akhirnya menjadi makam beliau. Makam tersebut terletak tidak jauh dari air terjun, hingga kini dikeramatkan oleh penduduk setempat.

Selain air terjun, di kawasan wisata ini terdapat Bumi Perkemahan Kakek Bodo yang menyediakan tempat untuk berkemah di antara pepohonan pinus. Kemudian ada Night Coffee Kakek Bodo dan Kedai Lali Djiwo, dua kedai kopi yang menawarkan kehangatan kopi dengan nuansa hutan dan suasana dinginnya Tretes. Harga tiket masuk Air Terjun Kakek Bodo sendiri Rp25.000,- untuk wisatawan lokal dan Rp40.000,- untuk wisatawan mancanegara. Untuk harga tiket masuk Bumi Perkemahan Kakek Bodo adalah Rp10.000,-. Jam buka Air Terjun Kakek Bodo 07.00-16.00 WIB.

Sumber:

https://smasejahteraprigen.sch.id/indahnya-wana-wisata-kakek-bodo.html

https://pasuruankabmuseumjatim.wordpress.com/2014/08/07/air-terjun-kakek-bodo/

https://travelspromo.com/wp-content/uploads/2020/03/15-air-terjun-Ips-Tio.jpg

Berita Terkait

Kaliandra Organic Farm, Eco Resort, and Wellness Retreat

Kaliandra adalah sebuah perusahaan sosial yang berdiri sejak tahun 1997. Kaliandra bekerja dengan komunitas lokal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tujuan berdirinya KaliandraRead More

No Comments

Tuliskan Komentar